[recent]

Recent Post

3/recentposts

6 Macam Makanan Soto Khas Indonesia, Dijamin Nikmat dan Bikin nagih!

Posting Komentar

 

Siapa sih yang tidak kenal makanan Soto? Makanan berkuah dengan cita rasa gurih super nendang yang kalo dimakan di warung rasanya makin lezatos. Di kota Sidoarjo Jawa Timur tempat aku tinggal Soto memiliki dua macam yaitu soto ayam dan soto daging. Lebih enak mana diantara keduanya? Saat kecil suka soto ayam, giliran udah dewasa suka soto daging.

Soto merupakan campuran mi dan ayam atau daging, yang dilengkapi rempah mulai dari kunyit, kayu manis serai, hingga daun jeruk. Paduan rempah-rempah tersebut menghasilkan cita rasa dan khas yang berselera. Soto ditambah taburan bawang merah, kecrutan jeruk nipis dan irisan cabe merah yang pedas.

Dalam bukunya berjudul Nusa Jawa 2 karya Denys Lombard disebutkan soto pertama kali dikenal di pesisir pantai utara Jawa pada abad ke-19 soto mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia karena imigran dari Cina.

Pada awalnya, soto menggunakan daging babi sesuai dengan sajian yang dibuat orang Tionghoa. Namun lambat laun dagingnya diganti dengan daging ayam, sapi, bebek atau kerbau.

Sajian soto berkembang hingga ke seluruh Nusantara hingga bermunculan aneka macam soto di berbagai daerah. Berikut rangkuman macam-macam soto di Nusantar Indonesia.

Soto Lamongan 

sumber idntimes

Dilihat namanya saja sudah jelas berasal dari Lamongan Jawa Timur. Uniknya soto lamongan ini menyebar hingga ke seluruh wilayah Jawa Timur. Misalnya kamu tinggal di sidoarjo pasti ada orang yang menjual Soto Lamongan.

Soto Lamongan mempunyai pelengkap namanya koya. Koya terbuat dari kerupuk udang yang hancurkan sampai halus, disajikan dengan cara ditaburkan diatas kuah soto panas. Aku meyebutnya kerupuk hancur basah, kalo sudah bercampur dengan kuah soto nikmatnya makin maknyus.

Soto Kudus

sumber idntimes

Hampir mirip Soto Lamongan hanya beda di cara penyajian. Soto lamongan biasa disajikan dalam mangkok lebar sedangkan soto Kudus disajikan dalam mangkok kecil. Satu porsinya berisi tauge, kol dan daging. Bahan pelengkapnya adalah bawang goreng, seledri, dan irisan ayam.

Soto Betawi

sumber idntimes

Ciri khas Soto Betawi adalah menggunakan cream atau santan. Jadi warna yang dihasilkan pekat dan kental sehingga menambah cita rasa semakin gurih. Ada aroma cengkeh dan pala yang menah rasa soto nikmat. Biasanya soto betawi disajikan bersama paru, acar mentimun dan emping sebagai pelengkapnya.

Soto Banjar

sumber honda comunity

Soto yang berasal dari Banjar, Kalimantan Selatan. Soto banjar menggunakan ayam kampung sebagai bahan utamanya. Menggunakan bumbu rempah-rempah yaitu kapulaga, cengkeh, kayu manis dan pala. Pada proses pembuatannya ayam direbus sampai empuk, kemudian dimasukkan dalam kaldu. Campuran bumbu tumis dan kaldu inilah menciptakan aroma sedap dan kenikmatan soto Banjar  

Soto banjar berbeda dengan soto di Indonesia. Pada penyajiannya soto banjar menggunakan mi soun dan potongan ketupat, irisan telur rebus, perkedel kentang, daun bawang dan batang seledri.  

Soto Tangkar

sumber Grid.ID

Ada dua jenis soto terkenal berasal dari Betawi yaitu soto Betawi dan soto Tangkar. Soto yang berisi tulang iga sapi atau aneka jeroan. bumbu rempah soto tangkar hampir soto betawi, perbedannya hanya ditambahkan kapulaga dan jintan.

Kuah soto tangkar cenderung kental dan pekat karena tambahan santan jadi rasanya lebih gurih dibanding soto betawi.

Coto Makassar

sumber idntimes

Hidangan tradisional berasal dari Sulawesi Selatan dengan bahan utama jeroan bercampur irisan daging sapi.

Cita rasa coto makassar sedikit pedas, asam dan wangi rempah, disajikan pana dengan  nasi putih atau lontong, kemudian diberi tambahan acara serta bawang goreng.

Dari sekian banyak macam soto khas Nusantara, pada intinya itu adalah makanan kuah yang kental gurih. Bahan utama soto tidak jauh dari daging ayam, sapi dan jeroan. sungguh nikmat tiada tara disajikan dengan nasi hangat atau lontong.

Tertarik mau mencoba menu soto yang mana nih? Atau mau masak sendiri rumah? Eits bikin soto di rumah rasanya bakalan beda sama soto yang dibeli di warung. Kecuali kamu memang ahli membuat masakan nusantara, tinggal lihat resep, recook jadilah hidangan untuk keluarga.

Selamat menikmat menu rumahan ala Nusantara

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar