[recent]

Recent Post

3/recentposts

Tips Cara Beradaptasi Di Tempat Kerja Baru

20 komentar

credit by pixabay

Seringkali kita sebagai pekerja baru agak crangky untuk memulai pembicaraan pertama kali kumpul. Pada saat recruitment wawacara kita sudah merasa bertindak seolah akrab. Tapi bagaimana caranya membuat diri sendiri menjadi akrab setiap harinya tentunya tidak mudah.

Namun setelah pelamar dinyatakan diterima, itulah babak baru seseorang menunjukkan potensi dirinya. Bekerja untuk mendapatkan gaji adalah kebutuhan. Bersosialiasi dengan teman kerja ditempat kerja itu dibutuhkan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar mudah beradaptasi di tempat kerja baru.

1. Tidak Takut Bertanya

Sudah hal lumrah canggung bertanya job disk pekerjaan lain dengan rekan kerja. Meski sudah diberi atasan bahwa job disk seperti ini, namun pelaksanaanya memerlukan rekan kerja untuk menyelesaikan pekerjan tersebut.

Bisa dimaklumi dalam sepekan sampai kurang lebih tiga pekan rekan kerja senang hati menjelaskan perihal hal-hal baru di kantor. Lebih dari satu bulan pekerja sudah harus cepat berdaptasi hal baru itu. Karena tidak semua orang senang terus-menerus ditanyai. Untuk mengantisipasi hal tersebut kita harus punya inisiatif menyelesaikan pekerjaan semaksimal mungkin.

Tidak ada salahnya bertanya langsung dengan siapa saja yang kita temui. Justru itu membuat mereka senang, karena keberadaan mereka dianggap. Berbeda lagi kalau pekerja lama harus memulai duluan, lama-kelamaan kesaanya minta diajarin terus menerus.

2. Bekerjalah Sesuai Tupoksi

Masing-masing pekerja memiliki job disk sesuai perjanjian open recruitment. Pada pelaksanannya harus dijalankan semaksimal mungkin. Namun dalam beberapa kondisi mengharuskan melakukan pekerjaan diluar job disk bahkan diluar jam kerja asalkan sesuai kesepakatan.

Beda cerita bila mengerjakan tugas lebih dari tupoksi ada kemungkinan ingin cari muka atau lagi tidak ada kerjaan. Imbas seseorang bekerja lebih dari tupoksi adalah sering dituntut mengerjakan hal berlebihan oleh atasan tapi jarang diberi upah lebih.

3. Belajar Tanggap dengan Segala Hal Yang Diperlukan

Menjadi seseorang bermanfaat dan tidak mengeluh adalah idaman tempat kerja. Biasanya pekerja yang tanggap adalah pekerja baru, karena status masih baru mereka siap dan tanggap segala perintah. Sedangkan pekerja lama beberapa sudah ogah-ogahan kadang merasa ah tugas dia kok tunggu ada dia.

Menjadi orang peduli menyenangkan kok asal tahu batasan. Jangan sampai karena ingin menunjukkan rasa peduli melalaikan kewajiban diri sendiri.  

4. Selalu Berafirmasi Positif Agar Nyaman di Tempat Kerja

Di dunia kerja tidak semua orang menyukai kita, dan semua orang tidak punya kewajiban menyenangi kita. Untuk membuat diri kita nyaman di tempat kerja dimunculkan dari diri sendiri. Di tempat kerja baru adalah hal tepat membangun personal branding personal positif.

Tutup telingat rapat saat mendengar berita buruk tentang orang lain. Jangan kepo pemberitaan rekan kerja lain, karena suatu saat bisa jadi kita sendiri bisa jadi bahan ghibah.

5. Tinggalkan Kebiasaan Baik di Tempat Kerja

Jadi teringat kejadian beberapa bulan lalu di tempat kerja, dia terkenal sebagai pribadi kerja kerja, kreatif, selalu punya solusi tiap masalah, dan selalu jadi rujukan jawaban dari segala rekan kerja lainnya. Tapi di lain kondisi mengharuskan dirinya mengikuti suami di luar kota ndengan catatan dia harus menyelesaika tugas setahun terakhir.

Merasa dirinya segera out menuju kota baru. Dia mencari pekerjaan baru di lokasi yang kan ditnggali nantinya. Karena ambisinya tetap bisa kerja di tempat lain, dia meninggalkan pekerjaan di tempat lama yang belum selesai untuk bisa kerja di tempat barunya dengan cara berbohong. Alhasil kredibilitas di tempat kerja sebelumnya dikenal kreatid dan inovatif hancur total. Justru mendapat julukan penghianat.

Dari kejadian diatas bisa disimpulkan bahwa segalanya bisa berubah. Sifat manusia pun bisa berubah bila tidak sesuai kenyataan dan kebutuhan dirinya. Awalnya rekan kerja bisa jadi musuh dalam selimut.

Dari kelima tips diatas bisa dilakukan untuk kamu yang baru saja diterima kerja atau yang sudah bekerja. Sifat tidak bisa diubah namun sikap bisa diperbaiki. Tinggal kapan mau dimulainya.

 

 

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

20 komentar

  1. terimakasih tipsnya, untuk nomor 3 hati2, jangan terlalu bermanfaat untuk orang lain di tempat kerja, takut jadi dimanfaatkan....

    BalasHapus
  2. Yg paling penting jangan cari muka aja ke atasan, wkwkkw. Biasanya nanti di gosipin atau di gibahin sama orang lain, hehheh


    Newsartstory

    BalasHapus
  3. Ada satu hal lagi yang pernah saya dengar di buku Teori Konflik Sosial. Ini kayaknya berlaku juga saat beradaptasi di tempat kerja baru.

    Tips tersebut adalah mampu mengatasi konflik dan melewatinya. Simpel tapi tidak sesederhana kelihatannya. Konflik bisa tidak terduga, mencakup konflik batin hingga fisik.

    Intinya, kalau seseorang mampu melewati konflik kecil dan besar dengan bijak, maka dia bisa berbaur dan diterima di lingkungan baru.

    BalasHapus
  4. Beradaptasi di tempat kerja menurutku agak tricky, karena memang awal-awal belum kenal satu sama lain. Aku inget banget dulu masih awal-awal kerja, pasang wajah lempeng kalo temen ghibah, juga nggak kasih respon apa-apa selain "oh gitu ya," atau "iya sih....". Ya, intinya kenali dulu situasi di tempat kerja dan pilih teman-teman dengan circle yang baik. :D

    BalasHapus
  5. Duh, yang no.5 fatal bgt ya. Krn nila setitik, rusak susu sebelanga. Meski pny hajat utk bisa segera dpt pekerjaan baru, tapi memang shrsy tetap bersabar mengikuti prosedur resign ya, demi menjaga nama baik kita.

    BalasHapus
  6. Sebagai orang yang pernah bekerja kantoran, saya setuju dengan tulisan ini. Walaupun pada kenyataannya memang tidak mudah untuk melakukan hal/tindakan yang adaptif di kantor. Yaa. sesuai porsinya saja, kali yaaa..

    BalasHapus
  7. beradaptasi di tempat kerja yang baru itu kadang cukup tricky ya tapi setuju sih sama poin di atas dan pastinya bisa menghormati dan memberikan kesan baik bagi karyawan yang lain

    BalasHapus
  8. Tambahin no 6. Jangan curhat masalah pribadi di kantor. 7. Jangan bergosip di kantor, apalagi gosipin atasan/rekan. Pasti tersebar dan sampai ke orang bersangkutan. Biasanya ada yang di depan baik tapi menikam di belakang. Bersikap profesional saja. Jangan lupa belajar ketawa ala korporat.

    BalasHapus
  9. Artikel ini bagus banget buat yang lagi adaptasi di tempat kerja baru. Tipsnya praktis dan relatable banget, jadi nggak takut lagi deh mulai kerja! 👍

    BalasHapus
  10. Bagus nih tips-tipsnya... Kebayang seru ya kerja di tempat baru, ketemu teman baru, bos baru, tapi deg-degan juga... Jadi kangen kerja kantoran lagi, hehehe...

    BalasHapus
  11. Ngomongin soal adaptasi di tempat kerja, aku jadi inget pengalaman waktu pertama kerja dulu. Pas jadi karyawan baru rasanya emang cenderung deg-degan, skill adaptasi di tempat baru emang perlu dilatih.

    BalasHapus
  12. Pandai-pandai sih sebenernya menempatkan diri, baik untuk karyawan lama maupun baru. Karena tanggung jawab pekerjaan memang diperlukan

    BalasHapus
  13. Menarik nih tipsnya, bisa dicoba untuk yang baru bekerja atau yang mau pindah kerja.

    BalasHapus
  14. Ada konten kreator tiktok yang ngasih comparasi karyawan lama dan baru kalo di kantor..
    Tapi emang valid butuh skill buat bisa bertahan di tempat kerja tuh

    BalasHapus
  15. Penting banget bisa beradaptasi di tempat kerja baru
    Agar bekerja jadi lebih nyaman dan produktif ya

    BalasHapus
  16. Ya Allaah..
    sedih banget kalau imej baik yang dibangun lamaaa.. bisa hancur seketika.
    Jadi dikenangnya pas resign jadi gak baik yaah..

    Mudah beradaptasi dengan lingkungan baru di tempat kerja ini yang akan disenangi.. Sehingga lingkungan kerja hangat dan kondusif, bikin betah dan semangat berinovasi.

    BalasHapus
  17. Kadang terlalu aktif bertanya jg ga baik sih. Kyk kita tuh nggak bisa baca aturan yg udh tertulis. Atau hal2 biasa yg seharusnya udh jd kewajiban bekerja buat kita. Ya pokoknya sewajarnya aja sih. Dan emg bener lakukan kerjaan sesuai tupoksi. Ga smua perusahaan bs menghargai karyawannya. Haha.

    BalasHapus
  18. ini harus jadi rekomendasi buat para pencari kerja yang udah keterima kerja, karna beradaptasi itu sangat perlu.

    BalasHapus
  19. Wah tips yang sangat berguna nih.. secara beradptasi itu adalah sebuah proses dan nggak semua orang bisa dengan lancar melalui proses ini..

    BalasHapus
  20. meninggalkan kebiasan buruk dari pekerjaan lama itu cukup krusial sih. terkadang itu jadi permasalahan yang terulang yang terkadang menjadi salah satu penyebab hengkangnya dari pekerjaan lama. jika tidak diperbaiki akan berimbas pada karir di pekerjaan baru

    BalasHapus

Posting Komentar