[recent]

Recent Post

3/recentposts

Pantai Klayar Pacitan : Wisata Alam Punya Daya Tarik Sampai Mancanegara

2 komentar


Tanggal 10 - 11 November 2023 jadwal kami menghirup vitamin sea. Eakk. Maklum manusia jarang healing, sekalinya healing senangnya minta ampun. 


Jumat malam pukul 21.00 kami berangkat ke titik kumpul di kecamatan Sidoarjo. Loh kok disana? Iyaps karena yang menyelenggarakan kegiatan ini ada paguyuban para modin se kecamatan Sidoarjo. Nama paguyupannya disebut grup seloso. Karena perkumpulan para modin diletakkan setiap hari Selasa.


Tujuan destinasi pertama adalah pantai klayar. Bus kami sampai di Pacitan jam setengah 5 pagi. Langsung bersih diri sholat subuh.  Kata panitia sarapan ready jam 7 pagi, kita disuruh nunggu di resto.


Nah aku dan suami selesai mandi langsung cus menuju pantai. Sayang kami tidak berjumpa dengan sunrise karena awan sedikit mendung. 


Pantai Klayar

Pantai Klayar terletak di Pacitan, sebuah sisi selatan Jawa Timur dan berbatasan dengan Wonogiri di Jawa Tengah tepatnya yaitu berada di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan sekitar 40 km ke arah barat dari Kota Pacitan.


Tiket masuk

Anak-anak Rp.10.000. 

Dewasa Rp. 15.000


Perjalanan menuju Pantai Klayar Pacitan berdasarkan google ditempuh 5 jam. Namun perjalanan kami memakan lebih dari 5 jam perjalanan. 


Jalan utama menuju Klayar sudah beraspal mulus dan bagus. Medan jalan cukup berkelok-kelok, naik turun, kanan kiri jurang. Tapi kalau kalian lewat desa bakal bertemu jalanan tanah belum diaspal bahkan masih bolong-bolong. 


Pantai Klayar diapit dua bukit di sebelah kiri dan kanan. Di bibir pantai banyak ditemukan terumbu karang, bebatuan cukup besar. Kalian juga pasti sering bertemu ubur ubur di pinggi pantai. 


Pasir Pantai Klayar cukup halus, dan padat saat diinjak. Airnya pun cukup jernih.

Penemukan biota di Klayar

Ombak di pantai Klayar lumayan tinggi. Di sisi kanan pantai klayar ada bukit bebatuan yang cantik dan eksotis tapi sayang pengunjung dilarang menuju kesitu. Mungkin karena alasan keselamatan karena ombak lumayan tinggi.

Beiji Park

Destinasi selanjutnya makan siang yeayy, cus menuju Beiji Park. Namanya unik kayak nama kota di daerah Pasuruan. 



Beiji Park mengusung konsep wisata alam dengan daya tarik spot selfie instagramable. Coba kalian lihat dari pintu selamat datangnya saja oke banget buat selfi atau foto rame-rame 


Tiket masuk anak anak Rp. 10.000 sedangkan tiket orang dewasa Rp. 15.000. semua spot foto gratis kecuali spot sepeda gantung dan flying for anak berbayar. 


Menyusuri jalan pintu masuk menuju tempat makan siang kami rasanya sejuk, tenang. Hampir setiap langkah rasanya ingin terus mengabadikan momen selfi. 


Kamar mandi yang disediakan sangat memadahi, musholla pun luas juga tersedia sarung dan mukena. Pastinya banyak spot tempat duduk dimana-dimana jadi nggak usah khawatir bila menikmati senja dari atas gunung di Beiji Park.


Sebelum menyantap makanan ada sambutan sepatah dua patah kata dari penyelenggara acara sekaligus memberikan cinderamata tali asih kepada dua modin ASN yang pensiun. Barulah kita semua menyatap menu makan siang, disambung menjalankan salat dhuhur dijamak ashar.

sambutan pembina apel seloso dari  ASN kecamatan Sidoarjo oleh Ibu Endang

Baru saja ingin menikmati spot foto di Beiji Park belum sempat mengkesplor Beiji Park sudah di warning panitia segera masuk bus untuk menuju wisata selanjutnya.

banyak gazebo disediakan


Pantai Teleng Ria

Perjalanan dari Beiji Park ke Teleng Ria membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam. 


Sumber travelingyuk.com

Harga tiket masuk di hari senin sampai jumat Rp. 10.000. Bila wekeend atau hari libur nasional tarifnya  jadi Rp. 15.000. Cukup affordable untuk wisata pantai. 


Daya tarik pesona pantai Teleng Ria adalah pesona alam sekitarnya. View gunung yang ada disamping kiri dan kanan pantai Teleng Ria bernama gunung limo.


Air di Pantai Teleng Ria ini cukup tenang, ombak pun tidak seberapa tinggi. Mungkin karena sudah sore ya jadi cukup sepi pantainya. Banyak ubur-ubur pula, beberapa pengunjung terkena sengatan ubur ubur kecil di badannya. Reaksinya kulit agak gatal-gatal. 


Karena pantainya cukup tenang rombongan wisata kami tidak ada yang nyebur ke bibir pantai kecuali saya. Karena takut kondisi pantai terlalu tenang. Di pantai Teleng Ria pasirnya sangat halus, pasir pantai Teleng Ria ini tidak terlalu putih tidak seperti pasir di pantai Klayar. jarang ada terumbu karang di bibir pantai. Kalo kalian mau buat video ala ala berlarian di pantai oke banget. 


Disediakan wahana bermain untuk anak anak kolam renang dari ukuran anak balita sampai orang dewasa ada. Wahana timba bergoyang juga ada melengkapi sensasi berenang pengunjung.


Berjarak 1 km dari bibir pantai berjajar penjual penjual souvenir khas pacitan. Ada makanan kering, ikan asin, kaos pantai. Tapi paling nikmat menyantap pop mie di sire hari sambil nge live di tiktok hehe.


Kami diminta sudah siap pukul 4 sore untuk lanjut perjalanan pulang ke sidoarjo. Perjalan pulang ke Sidoarjo tidak selama perjalanan berangkat. Kami pun tiba di Sidoarjo pukul 11.00 malam. 


Alhandulillah bi ni'mati selamat pulang pergi, diberi kesempatan Allah menikmati keindahan ciptaannya walau sesaat. Semoga lain waktu Allah mengizinkan hamba kecil ini menikmati keindahan ciptaannya.




lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

2 komentar

  1. Rindu banget ke Pantai Klayar. Dulu ingin sekali ke Pantai Klayar karena ingin menyaksikan seruling samuderanya. Apa masih ada mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. seruling samudera? wah saya baru dengar istilah itu loh mbak....

      Hapus

Posting Komentar